Yuliana, Yuliana (2017) PENERAPAN MODEL PEROLEHAN KONCEP (CONCEPT ATTAINMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH S-U 1PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
YULIANA (12270160).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangimasalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajara IPA kelas IV disebabkan metode yang disampaikan oleh guru hanya metode konvensional saja sehingga menyebabkan nilai IPA siswa tersebut menjadi dibawah KKM. Melalui meodel perolehan konsep (Concept Attainment) ini diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dan dapat memahami materi ajar yang akan disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya pelajaran IPA, sehingga hasil belajar siswa bisa meningkat serta mencapai KKM yang ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Sebelum Diterapkan Model Perolehan Konsep (Concept Attainment) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan HewanKelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Al- Hikmah Palembang. 2) Bagaimana hasil belajar siswa sesudah diterapkan model perolehan konsep (Concept Attainment) pada mata pelajaran IPA materi Penggolong Hewan kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang. 3) Bagaimana Pengaruh Penerapan Model Perolehan Konsep (Concept Attainment) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah S-U 1 Palembang? Penelitianinimerupakanjenis penelitianeksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan suatu penelitian yang benar-benar dilakukan.Pre-ekperimental designs bentuk one-group pretest-postest design sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, dokumentasi, Wawancara dan tes. Dalam penelitian ini kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IVsebanyak 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, penerapan Model perolehan konsep yang dilaksanakan praktek langsung selama 4x pertemuan dengan materi penggolongan hewan yang dapat dilihat melalui observasi guru kelas ketika peneliti melakukan penelitian. Kedua, hasil belajar sebelum dan sesudah penerapanmodel perolehan konsep (Consept Attainmend) mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari presentase hasil belajar siswa pada saat pretest yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 3 orang siswa (20%), nilai sedang 9 orang siswa 60%), dan nilai rendah 3 orang siswa (20%) sedangkan pada posttest yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 3 orang siswa (20%), nilai sedang 11 orang siswa (73%), dandan nilai rendah 1 orang siswa (7%). Ketiga, Uji hipotesa dengan menggunakan rumus uji “t” didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0=-9,44) dan besarnya t yang tercantum pada tabel tt.ts.5%= 2,14 dan tt.ts.1%= 2,98 maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt; yaitu 2,14<-9,44>2,98. Dengandemikiandariujihipotesapenelitian di atasdapatdisimpulkanbahwa H0 yang diajukanditolak.Iniberarti Haditerima, bahwaterdapatpengaruh yang signifikanantara penerapan model peolehan konsep dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 03:39 |
Last Modified: | 14 Jul 2017 03:39 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1010 |
Actions (login required)
View Item |