PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMESTOURNAMETS (TGT) TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRSAH IBTIDAIYAH AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG.[SKRIPSI]

MENTARI, MENTARI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMESTOURNAMETS (TGT) TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRSAH IBTIDAIYAH AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mentary (11270050).pdf

Download (701kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrsah Ibtidaiyah Al-Amalul Khair Palembang.Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Madrasah Ibtidaiyah ini, hanya menggunakan metode pembelajaran yang bersifat tradisional seperti papan tulis dan buku pelajarandalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap kreativitas Siswa Kelas IV pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Eksperimen yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amalul Khair Palembang?Adakah perbedaan kreativitas belajar siswa kelas eksperimen yangditerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Temas Games Tournaments dengan kreativitas belajar Siswa Kelas kontrol yang tidak diterapkan? Penelitianini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah orang yaitu kelas IV yang terdiri dari orang laki-laki dan orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes (pes-test pada kelas kontrol dan eksperimen). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Kreativitas Belajar Siswa IV.A (Kelas Eksperimen) di MI Al-Amalul Khair Palembang yang diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments,yangtergolong sedang dengan peresentase 68 %. Diikuti dengan kreativitas belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 16%, dan tergolong rendah sebanyak 27%.Hal ini dapat dilihat dari kreativitas belajar siswa pada saat pes-test. Sedangkan kreativitas belajarsiswa kelas IV.B (Kelas Kontrol) di MI al-amalul khair Palembang yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT),tergolong sedang denganperesentase 64 %. Diikuti dengan kreativitas belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 20%, dan tergolong rendah sebanyak 16%.Hal ini dapat dilihat dari kreativitas belajar siswa pada saat pes-test.Dari analisis data kreativitas belajar siswa di MI Al-Amalul Khair Palembang, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar siswa kelas IV.A (Kelas Eksperimen) yang diterapkan kooperatif Tipe Teams Games Tournament, dengan krativitas belajar siswa kelas IV.B (Kelas Kontrol). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu: perhitungan (to = 0,871) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2,03 dan ttts1% = 2,92) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih kecil dari pada tt yaitu 2,03>0,871< 2,92.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jul 2017 08:18
Last Modified: 14 Jul 2017 08:18
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item