PENGARUH MOTIVASI DIRI MAHASISWA PRODI PAI FAKULTAS ILMU DAN KEGURUAN TERHADAP HASIL MENGHAFAL AL-QUR'AN JUZ 30 MAHASISWA UIN RADEN FATAH ANGKATAN 2013.[SKRIPSI]

NURULITA, PUSPA (2017) PENGARUH MOTIVASI DIRI MAHASISWA PRODI PAI FAKULTAS ILMU DAN KEGURUAN TERHADAP HASIL MENGHAFAL AL-QUR'AN JUZ 30 MAHASISWA UIN RADEN FATAH ANGKATAN 2013.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PUSPA NURULITA (12210198).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Puspa Nurulita, Pengaruh Motivasi Diri Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Terhadap Hasil Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Angkatan 2013 di UIN Raden Fatah Palembang. Skripsi, Palembang : Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah 2017. Latar belakang masalah penelitan ini adalah idealnya seseorang yang memiliki Motivasi Diri yang tinggi maka orang itu juga memiliki hasil belajar yang baik pula. Namun kenyataanya tidak semua orang yang memiliki Motivasi Diri memiliki hasil belajar yang tinggi pula. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi diri mahasiswa prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Angakatan 2013 di UIN Raden Fatah Palembang. Bagaimana hasil menghafal mahasiswa prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Angkatan 2013 di UIN Raden Fatah Palembang dan adakah pengaruh motivasi diri mahasiswa prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Terhadap Hasil Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Angakatan 2013 di UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya hubungan motivasi diri mahasiswa prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Terhadap Hasil Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Angakatan 2013 di UIN. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PAI angkatan 2013 PAI 06 yang bejumlah 46 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan angket pada Variabel X dan Observasi pada variabel Y. Analisis datanya menggunakan analisis contingency coefisiensi corelasi. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa yang memiliki motivasi yang tinggi berjumlah 23 orang mahasiswa dengan persentase 50%. Motivasi Sedang hanya dimiliki oleh 10 orang mahasiswa dengan persentase 21,73%. Dan motivasi Rendah hanya 13 orang mahasiswa yang berada pada tingkat motivasi rendah persentase 28,26%. Mahasiswa yang memiliki katagori hasil menghafal Al- Qur’an juz 30 sebanyak 22 orang mahasiswa dengan persentase sebesar 47,82%. Yang termasuk kedalam katagori sedang dalam hasil menghafal Al-Qur’an juz 30 ada 13 orang mahasiswa dengan persentase sebesar 28,26%. Sedangkan mahasiswa yang termasuk ke dalam katagori hasil menghafal Al-Qur’an rendah ada 11 orang mahasiswa dengan persentase sebesar 23,91%. Dengan demikian ∅ (yang berasal dari perubahan terhadap C itu) lebih kecil dari pada r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan ini maka hipotesis nol diterima berarti tidak ada korelasi positif yang signifikan antara motivasi diri dan hasil menghafal juz 30.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Jul 2017 05:06
Last Modified: 15 Jul 2017 05:06
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item