PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI SMP PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG.[SKRIPSI]

SUENDANG, TRI (2017) PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI SMP PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TRI SUENDANG (12221105).pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran matematis ditinjau dari perspektif gender melalui pendekatan open-ended di kelas VIII SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 dengan populasi tiga kelas sebanyak 71 siswa, dan sampel dua kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan teknik analisis data tes menggunakan analisis varians (ANAVA). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil 1) Terdapat pengaruh penggunaan pendekatan open-ended terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari perspektif gender di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis diperoleh FA = 13,716 dan FTabel = 4,057. karena FA > Ftabel maka H0A ditolak. Dengan melihat rerata pada kelas eksperimen adalah 82,646855 dan kelas kontrol adalah 74,253205, maka pendekatan open-ended lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat pengaruh gender terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dari analisis data diperoleh FB = 0,154 dan FTabel = 4,057 karena FB < FTabel maka H0B diterima. Hal ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gender terhadap kemampuan penalaran matematis. Hal ini ditunjukkan oleh FAB = 0,52dan Ftabel = 4,057. Karena Fhitung < Ftabel maka H0AB diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Perspektif Gender, Pendekatan Open-Ended
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 17 Jul 2017 02:44
Last Modified: 17 Jul 2017 02:44
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item