BAROKAH, JUSNIAR (2017) HUBUNGAN MOTIVASI EKSTRINSIK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X DI MA AULIA CENDEKIA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
JUSNIAR BAROKAH (12210123).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Masalah motivasi selalu menjadi hal yang menarik perhatian. Hal ini dikarenakan motivasi dipandang sebagai salah satu faktor yang sangat dominan dan ikut menentukan tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan. Walaupun diakui bahwa kemampuan intelektual yang bersifat umum (intelegensi) dan kemampuan yang bersifat khusus (bakat) merupakan modal dasar utama dalam usaha mencapai prestasi pendidikan, namun keduanya tidak akan banyak berarti apabila siswa sebagai individu tidak memiliki motivasi untuk berprestasi sebaik-baiknya. Kemandirian belajar erat kaitanya dengan motivasi belajar yang dimiliki siswa. Karena semakin tinggi motivasi belajar siswa kemandirian belajar siswa juga akan tinggi. Motivasi belajar siswa meningkat akan terlihat ketika siswa mengerjakan tugas atau melaksanakan proses pelajaran dikelas maupun saat praktek. Siswa yang tertarik melaksanakan atau mengikuti pelajaran akan berusaha sendiri dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Ekstrinsik dengan Kemamandirian Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Fikih di MA Aulia Cendekia palembang. Jenis pendekatan penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode probability sampling dengan aturan simple random sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni berjumlah 76 orang responden. Untuk mendapatakan data penulis menyebarkan angket tentang motivasi ekstrinsik dan kemandirian belajar siswa. Selanjutnya untuk analisis sendiri penulis menggunakan rumus korelasi product moment “rxy” pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Berdasarkan penelitian dan perhitungan serta analisis data, maka hasil penlitian yang penulis lakukan yaitu: pertama, motivasi ekstrinsik dapat dikategorikan sedang, terbukti dari penyebaran angket yang disebarkan kepada 76 siswa sebagai responden terdapat 56 orang atau 73,3% yang menyatakan sedang. Kedua, kemandirian belajar siswa juga dikategorikan sedang, hal ini dibuktikan dengan penyebaran angket kepada 76 orang siswa sebagai responden terdapat 42 orang siswa atau 55,3% yang menyatakan sedang. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara motivasi ekstrinsik dan kemandirian belajar siswa, dengan perhitungan hasil korelasi r product moment sebesar 0,619 jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi (r tabel) maka taraf signifikansi 5% adalah 0,232 dan 1 % adalah 0,302. Ini berarti hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hubungan motivasi ekstrinsik dan kemandirian belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fikih di MA Aulia Cendekia Palembang mempunyai hubungnan yang signifikan. Hal ini dapat dikatakan bahwa motivasi ekstrinsik mempunyai hubungan yang positif dengan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 07:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2017 07:46 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1046 |
Actions (login required)
View Item |