PENGARUH METODE ASOSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII DI SMP NEGERI 53 PALEMBANG.[SKRIPSI]

RIZQAWATI, NUR (2017) PENGARUH METODE ASOSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII DI SMP NEGERI 53 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Nur Rizqawati (12210185).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi pada saat ini hanyalah memacu kemampuan peserta didik untuk menghafal informasi secara langsung, masih terdapat guru yang menggunakan pembelajaran konvensional, yakni masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru, akibatnya siswa kurang berperan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berkaitan dengan masalah ini, maka diperlukan suatu upaya yang nyata untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk lebih mudah memahami suatu materi pelajaran sesuai dengan memahaman mereka sendiri. Salah satu metode itu adalah metode asosiasi, dalam proses pembelajaran ini sesungguhnya pada saat mengerjakan sesuatu atau menciptakan makna pembelajaran, siswa di arahkan untuk belajar dengan cara yang sukai oleh masing-masing siswa dan paling cocok dengan siswa itu sendiri, bukan dari jawaban-jawaban tertentu yang disediakan melalui cara mengajar yang disukai oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh metode asosiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna kelas VII di SMP Negeri 53 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Posstest-Only Control Design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 53 Palembang dan sampelnya adalah kelas VII.1 untuk kelas eksperimen dan VII.3 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menguji kebenaran hipotesis data yang telah diperoleh dari hasil post-test peneliti menggunakan rumus uji t pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh metode asosiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna kelas VII di SMP Negeri 53 Palembang yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode asosiasi dan siswa yang tidak menggunakan metode asosiasi. Hal ini terbukti dengan rumus uji t pada soal test di kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung sebsesar . Kemudian dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan df = (n1+n2)-2 = (35+36)-2 = 69 dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,00 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 2,65. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung > ttabel atau 2,00< >2,65 Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode asosiasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna kelas VII di SMP Negeri 53 Palembang. Untuk itu disarankan penggunaan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan penggunaan metode asosiasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 25 Jul 2017 01:08
Last Modified: 25 Jul 2017 01:08
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item