PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG.[SKRIPSI]

SARI, DIAN PURNAMA (2017) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DIAN PURNAMA SARI (12222026).pdf

Download (17MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Dari hasil observasi yang dilakukan pada kelas X IPA di SMA N 5 Palembang pada mata pelajaran Biologi yang menunjukkan masih rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa terutama dalam hal memberikan pendapat dan menyimpulkan materi dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Diskusi terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dan populasinya adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 5 Palembang yang terdiri dari sepuluh kelas dan diambil dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X IPA 4 (kelas eksperimen) dan kelas X IPA 5 (kelas kontrol), dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pretest dan posttest dan produk mengenai materi virus. Hasil penelitian yaitu dari nilai pretest dan posttest siswa yaitu rata-rata kelas eksperimen sebesar 85,65 dan kelas kontrol sebesar 81,62. Setelah diketahui nilai siswa dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, pada tarap kepercayaan 5% dan hasil perhitunagan uji t adalah thitung>ttabel = 4,713 >1,665. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan aspek keterampilan berpikir kreatif yang diteliti juga yaitu hasil produk siswa. Hasil produk rata-rata kelas eksperimen sebesar 88,33 dan kelas kontrol sebesar 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi sangat berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 5 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Keterampilan Berpikir Kreatif, Materi Virus
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:56
Last Modified: 26 Jul 2017 03:56
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item