Pengaruh Penerapan Media Flip Chart terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang.[SKRIPSI]

Pratiwi, Athiyyah Ranie (2016) Pengaruh Penerapan Media Flip Chart terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ATHIYYAH RANIE PRATIWI (12270014).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran, guru dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan media flip chart pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS dalam penelitian ini, subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes “t” untuk data tunggal (Range-nya kurang dari 30). Penerapan media pembelajaran Flip Chart terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang sudah berjalan dengan baik dari setiap tahap pelaksanaannya, sehingga siswa mudah memahami materi yang disampaikan serta menjawab soal tes dengan baik dari guru. Proses pembelajarannya juga sudah berjalan secara efektif karena bisa dilihat dari keaktifan siswa di dalam kelas selama mengukiti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang sebelum diterapakan media pembelajaran Flip Chart yaitu, 3 siswa (14%) termasuk kategori tinggi (nilai 64 ke atas), 15 siswa (72%) termasuk kategori sedang (nilai antara 36 – 64), dan 3 siswa (14%) dalam kategori rendah (nilai 36 ke bawah). Hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran Flip Chart pada pembelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang yaitu, 4 siswa (19%) termasuk kategori tinggi (nilai 87 ke atas), 16 siswa (76%) termasuk kategori sedang (nilai antara 59 – 87), dan 1 siswa (5%) dalam kategori rendah (nilai 59 ke bawah). Pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan media flip chart dengan yang Belum menggunakan media flip chart pada mata pelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidiyah Ma’had Islamy Palembang, berdasarkan perbandingan persentasenya dilihat bahwa penggunaan media flip chart lebih besar dibandingkan yang belum menggunakan media, dan juga dilihat dari hasil perbandingan uji untuk media flip chart yaitu “t” yang terdapat pada to adalah lebih besar dari pada “t” table, baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% 2,09 Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan media flip chart dengan yang belum menggunakan media flip chart pada mata pelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang, dan dilihat dari hasil persentase menunjukan media flip chart terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Jul 2017 07:19
Last Modified: 26 Jul 2017 07:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item