PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA PALEMBANG.[SKRIPSI]

JIMMI, VICTOR (2017) PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
VICTOR JIMMI (11270103).pdf

Download (511kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Perana orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Nurulhuda Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Kurangnya kontrol orang tua di rumah terhadap kegiatan belajar anak, sebagian besar orang tua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, Orang tua hanya menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak mereka kepada guru, sehingga menyebabkan pendidikan anak mereka kurang control, Orang tua belum berperan aktif dalam mendukung belajar anak di sekolah, sehingga anak jarang mengerjakan tugas sekolah Rumusan massalah dalam penelitian ini, bagaimana peranan orang tua siswa yang berprestasi dalam meningkatkan motivasi belajar, bagaimana peranan orang tua siswa yang kurang berprestasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa baik yang berprestasi dan yang kurang berprestasi Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatil. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III,IV dan V dengan subyek 6 siswa dan 6 orang tua siswa. Sampel penelitian terdiri dari enam siswa dan enam orang tua siswa kelas III,IV dan V MI Nurulhuda Palembang. penentuan subyek penelitian diambil dari hasil prestasi atau juara kelas. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan skala motivasi belajar.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang berprestasi, sangat memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang serta watu yang cukup untuk anak-anaknya, Subyek dua peran orang tua yang kurang berprestasi memiliki peran rendah dalam memotivasi belajar siswa, dan Subyek yang ketiga factor-faktor yang mempengaruhi peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan adanya perhatian, hadiah, hukuman, menyediakan keperluan sekolah dan hadiah serta waktu yang cukup untuk anak. kurang berprestasi dikarenakan pemanjaan yang berlebihan, kekhawatiran yang luar biasa dan kurangnya rasa sayang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:41
Last Modified: 27 Jul 2017 02:41
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item