EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG.[SKRIPSI]

ARIFIN, IMAM (2017) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
IMAM ARIFIN (12290025).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektifitas Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Menunjang Pembelajaran di MI Daarul Aitam Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana efektifitas pemanfaatan laboratorium IPA dalam menunjang pembelajaran di MI Daarul Aitam Palembang dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektifitas pemanfaatan laboratorium IPA dalam menunjang pembelajaran di MI Daarul Aitam Palembang. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan laboratorium IPA dalam menunjang pembelajaran di MI Daarul Aitam Palembang dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pemanfaatan laboratorium IPA dalam menunjang pembelajaran di MI Daarul Aitam Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer adalah ketua laboratorium IPA dan guru IPA di MI Daarul Aitam Palembang. Sedangkan sumber data skundernya adalah berupa data dokumentasi dan catatancatatan terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pemanfaatan laboratorium IPA di MI Daarul Aitam Palembang dapat dikatakan efektif dalam menunjang pembelajaran di sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan praktikum yang telah memenuhi setandar minimal penggunaan laboratorium sesuai dengan Permendiknas No. 24 tahun 2007. Dari segi alat-alat dan bahan yang tersedia di laboratorium masih ada kekurangan dalam menunjang pembelajaran di sekolah. Dari segi kesesuaian alat dan bahan yang tersedia di laboratorium dengan materi yang akan diajarkan telah dapat dikatakan sesuai dan menunjang proses pembelajaran de sekolah. Dan juga dari segi alokasi waktu yang dibutuhkan untuk praktikum juga dan tidak mengganggu jadwal mata pelajaran lain mencukupi. Yang menjadi faktor pendukung efektivitas pemanfaatan laboratorium IPA di MI Daarul Aitam Palembang yaitu sumber daya, lingkungan belajar dan kreatifitas mengajar, sedangkan faktor penghambatnya adalah, tidak adanya tenaga laboran, tidak ada teknisi yang kompeten, kurangnya pengetahuan guru IPA dalam melakukan praktikum dan tidak ada honor tambahan untuk kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:12
Last Modified: 28 Jul 2017 02:12
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item