PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. (Skripsi)

Karimah, Amanda (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Amanda Karimah.pdf

Download (947kB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) merupakan suatu model pembelajaran dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 siswa sehingga siswa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 2 Palembang”, “bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 2 Palembang”, “apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Nonequivalent Control Group Design). Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI yang ada di SMA Muhammadiyah 2 Palembang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 95 siswa. Dari empat kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu XI. IPA 2 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas STAD dan XI. IPA 1 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas NHT. Dengan penentuan sampel teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pretes kelas STAD sebesar 67,23 dan rata-rata posttest kelas STAD sebesar 88,5. Sedangkan untuk rata-rata pretest kelas NHT sebesar 66,46 dan rata-rata posttest kelas NHT sebesar 80,04. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT didapat t_hitung=2,164 > t_tabel=1,675 maka Hipotesis nol (H_0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (H_a) diterima, artinya Ada Perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang menggunakan model pembelajaran NHT.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together (NHT), Student Teams Achievment Division (STAD), Perbandingan hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:34
Last Modified: 15 Apr 2016 08:34
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item