PENGARUH TEKNIK BUZZ GROUP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

RACHMAWATI, ATIKA (2017) PENGARUH TEKNIK BUZZ GROUP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ATIKA RACHMAWATI (13270012).pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Keterampilan berbicara di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah memegang peranan penting. Keterampilan berbicara harus dikuasai oleh para siswa karena keterampilan ini tidak pernah lepas dari proses belajar mengajar. Pembelajaran menggunakan teknik buzz group bisa membuat siswa menjadi berani tampil di depan teman-temannya untuk mengemukakan pendapat, karena di berikan kesempatan untuk kerja sama dengan orang lain ( kelompok). Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas V sebelum menerapkan teknik buzz group pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang?, bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas V sesudah menerapkan teknik buzz group pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang?, bagaimana pengaruh teknik buzz group terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang?. Tujuannya untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas V sebelum dan sesudah menerapkan teknik buzz group pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang dan untuk mengetahui adakah pengaruh teknik buzz group terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan teknik nonequivalent control group design. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel porposif dari 56 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk memperoleh data penulis menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan teknik buzz group terhadap keterampilan berbicara. Persentase nilai keterampilan berbicara kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknik buzz group dikategorikan tinggi berjumlah 5 orang (17,8 %), dan yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 19 orang (67,9 %), serta yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 4 orang (14,3 %) Untuk nilai keterampilan berbicara kelompok eksperimen yang menggunakan teknik buzz group dikategorikan tinggi berjumlah 4 orang (14,3%), dan yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 21 orang (75%), serta yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 3 orang (10,7%). Berdasarkan analisis data dengan rumus T-test adalah nilai perhitungan t-test lebih besar daripada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,01 < 6,95 > 2,68 Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini yakni terdapat Pengaruh Teknik Buzz Group terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Buzz Group, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:33
Last Modified: 31 Jul 2017 04:33
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item