PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (HUKUM MEMBACA NUN SUKUN ATAU TANWIN) DI KELAS XI SMAN 1 INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR.[SKRIPSI]

ROZALI, ROZALI (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (HUKUM MEMBACA NUN SUKUN ATAU TANWIN) DI KELAS XI SMAN 1 INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ROZALI (11210164).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Latar belakang Penelitian adalah berdasarkan atas pertimbangan bahwa Model Pembelajaran yang diberikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Tajwid Hukum Membaca Nun Sukun atau Tanwin hanya dengan metode Ceramah. Dengan menggunakan Metode Ceramah dan tanya jawab siswa tidak aktif, dan lebih sering bermain dikelas saat pembelajaran berlangsung. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah, bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Numberead Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Tajwid Hukum Membaca Nun Sukun atau Tanwin pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya kab. Ogan Ilir. Apakah penerapan Model Pembelajaran Numberead Heads Together (NHT) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Numberead Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Tajwid Hukum Membaca Nun Sukun atau Tanwin dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif, penelitian kuantitatif yaitu jenis penelitian data yang menunjukkan angka atau jumlah data yang dihitung dalam statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas Kontrol dan Eksperimen yang berjumlah masing-masing 30 Siswa. Dijadikan dalam kelas Ekperimen dan kelas Kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Tajwid Hukum Membaca Nun Sukun atau Tanwin pada kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya dengan menerapkan Model ini dapat memberikan pemahaman kepada siswa bagaimana semangat belajar sendiri, belajar bersama, dan mengajarkan, dilihat dari keaktifan dalam menjawab soal yang diberikan oleh Guru. Sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol yaitu pada kelas yang tidak diterapkan Metode Numbered Heads Together (NHT) tidak terlalu semangat karena dilihat dari keaktifan siswa dalam belajar juga dalam menjawab soal. Kesimpulanya adalah tidak terdapat perbedaan yang signigfikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Tajwid Hukum membaca Nun Sukun atau Tanwin pada kelas Eksperimen dan kelas Kontrol hasilnya adalah Sehingga nilai t hitung untuk ɑ = 0.05 dan dk = 58 yaitu t tabel= 2.004 = 2.000 karena 5,5 > 2.000 atau t hitung > t tabel maka Ha diterima yang artinya pada tingkat kepercayaan 95% nilai tes akhir pelajaran PAI siswa yang menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dari siswa yang tidak diberikan model Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:06
Last Modified: 31 Jul 2017 07:06
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item