Baina, Baina (2016) PENERAPAN STRATEGI MNEMONIC DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS PARADIGMA PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya akan dihadapkan dengan berbagai persoalan hidup yang akan menghambat tujuan, baik dalam bidang prestasi maupun dalam bidang pendidikan terutama dalam proses pembelajaran terkadang masalah yang timbul bukan dari siswa akan tetapi adakalanya disebabkan kurangnya pengetahuan guru terhadap strategi-strategi baru yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian adalah “bagaimana penerapan strategi mnemonic terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi Akhlak tercela siswa kelas VIII di MTs Paradigma Palembang”, “bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela siswa kelas VIII di MTs Paradigma Palembang”, “apakah ada pengaruh penerapan strategi mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi Akhlak Tercela siswa kelas VIII di MTs Paradigma Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi mnemonic dan mengetahui hasil belajar siswa serta mengetahui adakah pengaruh penerapan strategi mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Paradigma Palembang. Dalam mengambil objek penelitian ini, penulis mengambil pengambilan sampel tidak secara random. Penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII A, dan B, yang ada di MTs Paradigma Palembang, yaitu berjumlah 48 orang siswa dan 1 orang guru Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain eksperimennya Noneequivalent Control Group Desain. Dengan demikian,hasil eksperimen yang penulis lakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, hasil belajar siswa kelas kontrol 44,6 (Pre-test) meningkat menjadi 63,6 (Post-Test). Kedua, hasil belajar siswa kelas eksperimen 57,60 (Pre-Test) meningkat menjadi 83,04 (Pos-Test). Ketiga, adanya pengaruh penerapan strategi mnemonic terhadap hasil belajar siswa dengan rincian sebagai berikut: perbandingan nilai “t” yang terdapat pada t_o adalah jauh lebih besar dari pada t_t baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % (2,02<6,17>2,69). Kesimpulan dari penelitian ini adalah,hasil belajar siswa kelas kontrol mengalami peningkatan Mean yang sedang , sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan mean yang cukup besar, serta adanya Pengaruh Penerapan Strategi Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Paradigma Palembang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Mnemonic, Noneequivalent Control Group Desain, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:32 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:32 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/115 |
Actions (login required)
View Item |