PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA AL-FATAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

Elviyana, Yulia (2017) PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA AL-FATAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YULIA ELVIYANA (12210283).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa gejala permasalahan yang peneliti temukan di lapangan bahwa proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MA Al-fatah Palembang masih kurang efektif Dalam penelitian ini, ada beberapa rumusan masalah yang telah ditentukan yaitu: bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah; bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQ4R; adakah perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQ4R pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MA Al-fatah Palembang. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah; hasil belajar siswa kelas eksperimen metode PQ4R; perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQ4R pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MA Al-fatah Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian true experimental design dengan bentuk The Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitiaan ini menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis, perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami perbedaan yang signifikan.Pada kelas kontrol, jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum sebanyak 19 orang dari 36 siswa, sedangkan pada kelas eksperimen sebanyak 29 siswa berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum dari 36 siswa, dengan df sebesar 70 diperoleh ttabel sebagai berikut (Pada taraf signifikansi 5 % = 2,003), (Pada taraf signifikansi 1 % = 2,65). Karena “t0” = 3,834 lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1 %), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas control dengan menggunakan metode ceramah dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQ4R pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits kelas X di MA Al-fatah Palembang terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review), HasilBelajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 31 Jul 2017 08:05
Last Modified: 31 Jul 2017 08:05
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item