PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

APRIANA, DINA (2017) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DINA APRIANA (12270031).pdf

Download (914kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosiokultural, bahasa, usia, dan suku bangsa untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Maka dibutuhkan suatu metode yang tepat untuk lebih mempermudah siswa memahami setiap materi pada mata pelajaran tersebut yang akhirnya diaplikasikan dalam kehidupan. Pada pembelajaran PKN di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyyah Palembang ditemukan beberapa permasalahan, yaitu proses belajar mengajar selama ini masih cenderung menggunakan metode ceramah dan belum divariasikan dengan metode lain. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah, di samping itu aktivitas belajar siswa juga tidak terlihat dalam proses belajar mengajar. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan metode diskusi kelompok kecil dalam pembelajaran PKN kelas V MI Najahiyyah Palembang. Melalui metode diskusi kelompok kecil ini diharapkan mampu membuat siswa lebih bersemangat dan lebih mudah untuk mengerti semua materi pelajaran, khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana penerapan metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Bagaimana hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Bagaimana pengaruh penerapan metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan sampel sebanyak 30 siswa berdasarkan random sampling. Dari analisis tersebut diperoleh kesimpulan yaitu : pertama, Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan telah dilakukan dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Kedua, hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya metode diskusi kelompok kecil dapat diketahui bahwa siswa yang mendapat nilai tinggi adalah 5 orang siswa (20%), yang mendapat nilai sedang 7 orang siswa (30%), dan yang mendapat nilai rendah adalah 18 orang siswa (50%). Hasil belajar siswa sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil bahwa Siswa yang tergolong tinggi (baik) sebanyak 17 orang siswa (50%), yang tergolong sedang 4 orang siswa (20%), dan yang tergolong rendah adalah 9 orang siswa (30%). Ketiga, signifikansi pengaruh hasil belajar sebelum dan sesudah dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan maka, dapat diketahui bahwa to lebih besar dari tt yaitu 2,04 < 10,83>2,76, maka hipotesis Nihil yang diajukan ditolak ini berarti menunjukkan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 Aug 2017 08:05
Last Modified: 02 Aug 2017 08:05
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item