PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS AR-RIYADH 13 ULU PALEMBANG.[SKRIPSI}

SUMANTRI, BUDI AGUS (2017) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS AR-RIYADH 13 ULU PALEMBANG.[SKRIPSI}. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BUDI AGUS SUMANTRI (12210045).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ar_Riyadh 13 Ulu Palembang. Permasalah yang berkenaan dengan kepribadian guru di MTs Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang antaran lain , masih ada guru yang kurang simpatik terhadap siswa, dan masih ada guru yang tidak dapat menjaga emosi ketika mengajar. Hal ini menyebabkan kurangnya respon dari siswa, terlihat dari siswa yang murung ketika guru menyampaikan materi pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana kompetensi kepribadian guru di MTs Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang? Bagaimana prestasi belajar siswa di MTs Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang? Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru di MTs Ar-Riyadh 13 Palembang, untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MtsAr-Riyadh 13 Ulu Palembang, untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jenis data kuantitaif yaitu data berkenaan dengan kompetensi kepribadian guru dan prestasi belajar siswa. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru dan siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Ar- Riyadh 13 Ulu Palembang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A yang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan persentase, serta Product Moment. Hasil penelitian ini adalah : pertama, kompetensi kepribadian guru di MTs Ar- Riyadh 13 Ulu Palembang dikategorikan sedang atau cukup baik karena dari 34 responden terdapat 21 responden yang menyatakan sedang sebesar (61,76%). Kedua, prestasi belajr siswa di MTs Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang dikategorikan sedang atau cukup baik karena dari 34 responden terdapat 22 responden yang termasuk kategori sedang atau sebesar (64,70%). Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang. Berdasarkan hasil analisa statistik bahwa “r” tabel (Product Moment) 0,489 lebih besar dari pada “r” hitung baik pada taraf signifikasi 5% (0,349) maupun pada taraf signifikasi 1 % (0,449).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 Aug 2017 01:29
Last Modified: 03 Aug 2017 01:29
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item