Izzati, Filza (2017) PENGARUH FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH TRAVEL HAJI DAN UMRAH (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Indralaya Mulya Kabupaten Ogan Ilir).[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
FILZA IZZATI (13190098).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Setiap orang Islam tentu mendambakan untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah seperti yang diperintahkan oleh agama. Seperti yang diketahui melaksanakan haji menjadi bagian dari rukun iman yang kelima setelah syahadat, shalat, puasa, dan zakat. Sedangkan ibadah umrah menjadi ibadah yang disunahkan bagi orang yang beragama Islam, dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Tingginya minat umat muslim di Indonesia untuk beribadah ke tanah suci ini memicu persaingan bagi perusahaan biro penyelenggara perjalanna haji dan umrah. Maka menjadi suatu keharusan untuk pihak travel menyusun kegiatan pemasaran yang menitikberatkan kepada karakteristik para konsumen, dimana salah satunya yaitu faktor pribadi. Keputusan seorang konsumen dipengaruhi oleh pribadinya, dalam hal ini yaitu mengenai usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan metode pengambilan sampel mengunakan purposive sampling dengan responden yang sudah pernah haji atau umrah menggunakan Fikri Umroh Tour and Travel. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dengan bantuan alat analisis SPSS. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana maka dapat dihasilkan persamaan sebagai berikut: Y = a + bx = 3,288 +0,831 X. Dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 19,161, sedangkan t tabel sebesar 1,99045 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari pada taraf signifikansi (α) 0,05. Sesuai dengan rumus uji t, jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak sehingga dengan demikian dapat diketahui bahwa variabel Faktor Pribadi (X) berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Konsumen (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R²) adalah 0,823 artinya 82,3 %faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan konsumen, sedangkan sisanya sebesar 17,7 % dipengaruhi oleh faktor lain selain faktor pribadi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Pribadi, Keputusan Konsumen, Travel Haji dan Umrah |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 02:35 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:35 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1168 |
Actions (login required)
View Item |