MUTMAINAH, MUTMAINAH (2016) PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Hal judul-abstrak.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Guru mempunyai tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran Jarimatika adalah metode mudah diterima dan dipahami karena cukup menarik, praktis, dan sederhana karena hanya menggunakan sepuluh jari tangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode jarimatika pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sesudah diterapkannya metode jarimatika pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang? Bagaimana perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode jarimatika pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang? Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Penlitian ini merupakan penelitian populasi yaitu seluruh siswa kelas IV berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Dari perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode Jarimatika pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy bisa dikatakan termasuk rendah. Hal ini bisa dilihat dari persentasi hasil belajar Matematika siswa kategori tinggi terdapat 7 orang siswa (23 %), kategori sedang sebanyak 15 orang siswa (50 %), dan kategori rendah terdapat 8 orang siswa (27 %). Kedua hasil belajar siswa sesudah diterapkan metode Jarimatika pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy bisa meningkat. Hal ini bisa dilihat dari persentasi hasil belajar Matematika siswa kategori tinggi terdapat 7 orang siswa (23 %), kategori sedang naik menjadi sebanyak 20 orang siswa (67 %), dan kategori rendah berkurang dari 8 orang menjadi 3 orang siswa (10%). Ketiga Signifikansi perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan metode Jarimatika Matematika dikelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 9,47) dan besarnya “t” yang tercantum pada table nilai t (tt.ts. 5% = 2,04 dan tt.ts. 1% = 2,76) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu 2,04<9,47>2,76. Karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 07:23 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 07:23 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1203 |
Actions (login required)
View Item |