PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN PALEMBANG.[SKRIPSI]

SUPRIYADI, SUPRIYADI (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Supriyadi (10210719).pdf

Download (563kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Penerapan strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa sebelum penerapan strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor pada mata pelajaran Pendididikan Agama Islam ? Bagaimana motivasi belajar siswa sesudah penerapan strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor pada mata pelajaran Pendididikan Agama Islam ? Apakah penerapan strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor dapat meningkatkan motivasi belaajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan kegunaan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses belajar berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan ( field research) yang menggunakan teknik one group pre test and post test design. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang terdiri dari data angket (pre-test) dan angket (post-test), jumlah guru, jumlah siswa, sarana dan prasarana. Sedangkan data kualitatif terdiri dari wawancara kepada kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam yang bersifat menggambarkan sejarah sekolah SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang serta kondisi sekolah. Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang. Data skunder diperoleh dari dokumentasi sekolah SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang yang berjumlah 60 siswa dab sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Sultan Mahmud Badaruddin berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunaka tes t untuk mengetahui adanya peningkatan antara motivasi belajar siswa kelas X sebelum dan sesudah diterapkannya Strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, motivasi belajar siswa sebelum penerapan Strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor tergolong dalam kategori rendah sebanyak 15 siswa dengan persentase 53,57%. Kedua, motivasi belajar siswa sesudah penerapan Strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor tergolong dalam kategori rendah sebanyak 57,14%. Ketiga, penerapan strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor dapat meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan tes t lebih besar dari t tabel, baik pada taraf 5% maupun pada taraf 1% dengan rincian 2,02 < 16,47 > 2,71, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulah dari penelitian ini yakni dapat peningkatan terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:11
Last Modified: 28 Aug 2018 03:11
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item