PENERAPAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MAN GUMAWANG KABUPATEN OKU TIMUR.[SKRIPSI]

Nafiah, Siti (2017) PENERAPAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MAN GUMAWANG KABUPATEN OKU TIMUR.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SITI NAFIAH (12210235).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI terhadap Aktivitas Belajar Siswa di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur. Perumusan masalah dari skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan penerapan pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur? Bagaimana aktivitas belajar siswa yang menerapkan dan tidak menerapkan pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur? Apakah ada pengaruh penerapan pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang menerapkan dan tidak menerapkan pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur. Untuk mengetahui pengaruh dalam penerapan pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 32 siswa, dan kelas XI IPS 3 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, angket (post-test) dan dokumentasi. Dengan teknik analisis datanya menggunakan uji uji-t. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh penulis dari perhitungan (thitung observasi = 11,52 dan thitung angket = 24,23) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (0,05 = 2,00 dan 0,01 = 2,67 maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar dari pada ttabel yaitu: 2,00<11,53>2,67 dan 2,00<24,23>2,67. Dari perhitungan di atas didapat thitung > ttabel sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh penerapan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI terhadap aktivitas belajar siswa di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur” diterima sedangkan H0 hipotesis nihil ditolak, yang berbunyi tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh penerapan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI terhadap aktivitas belajar siswa di MAN Gumawang Kabupaten OKU Timur”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:11
Last Modified: 28 Aug 2018 03:11
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item