PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MEMBACA BIOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS LINGUISTIK INTELEGENCE DI MTs PARADIGMA PALEMBANG. (Skripsi)

Sulastri, Sulastri (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MEMBACA BIOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS LINGUISTIK INTELEGENCE DI MTs PARADIGMA PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di MTs Paradigma Palembang untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI, dikarenakan kondisi yang ada di MTs Paradigma Palembang ada beberapa siswa yang memiliki tingkat hasil belajar rendah yaitu belum mencapai KKM 75, hingga perlu adanya remedi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu: Pertama, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tanpa menggunakan strategi Membaca Biografi di MTs Paradigma Palembang?, Kedua, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi Membaca Biografi di MTs Paradigma Palembang?, ketiga, adakah pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi Membaca Biografi di MTs Paradigma Palembang?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah rumus tes “t” untuk dua sampel kecil yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa berdasarkan Proportional Sampling. Jumlah keseluruhan sampel adalah 43 siswa. Dengan demikian, hasil eksperimen yang penulis lakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, hasil belajar siswa pada materi SKI kelas kontrol mengalami peningkatan pada pre-test nilai mean 41,05 (pre-test) meningkat menjadi 50,26 (post-test). Kedua, hasil belajar siswa pada materi SKI kelas eksperimen juga mengalami peningkatan pada pre-test nilai mean 59,58 (pre-test) jika dibandingkan pada post-test nilai mean meningkat menjadi 71,66 (post-test). Ketiga, adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berbasis Linguistik Intelegence dengan Strategi Membaca Biografi terhadap hasil belajar siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Paradigma Palembang dengan rincian sebagai berikut: dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to= 5,336) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel nilai t (tt.ts5% = 2,020 dan tt.ts 1% =2,701) maka dapat kita ketahui bahwa to adalah lebih besar daripada tt, yaitu: 2,020 < 5,336 > 2,701 Kesimpulan dari penelitian ini adalah, hasil belajar siswa pada kelas kontrol mengalami peningkatan Mean yang sedang, sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan mean yang cukup besar, serta adanya pengaruh yang signifikan dari Penerapan Strategi Membaca Biografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Linguistik Intelegence di MTs Paradigma Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Membaca, Linguistik Intelegence.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:27
Last Modified: 15 Apr 2016 08:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item