UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI MALAIKAT DAN TUGASNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS III MI WAL-ASHRI CENGAL KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OKI. (Skripsi)

Nirawati, Nirawati (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI MALAIKAT DAN TUGASNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS III MI WAL-ASHRI CENGAL KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OKI. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Tujuan ahir setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apa pun yang termasuk perangkat program pengajaran dituntut secara mutlak untuk menunjang tercapainya tujuan. Guru tidak dibenarkan mengajar dengan kemalasan. Anak didik pun diwajibkan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru. Kedua unsur manusiawi ini juga beraktivitas tidak lain karena ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : Apakah penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Wal-Ashri Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat dan tugasnya kemudian sementara tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat dan tugasnya pada siswa kelas III MI Wal-Ashri Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir setelah menerapkan model Talking Stick. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Wal-Ashri Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil tes dan observasi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak materi nama dan tugas malaikat. Hal ini dapat di lihat dari peningkatan nilai berdasarkan KKM atau ketuntasan belajar. Dilihat dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa kondisi awal sebelum perbaikan (pra siklus) ketuntasan siswa hanya 2 orang sementara yang tidak tuntas pada pra siklus yaitu 18 orang kemudian hasil perbaikan pada siklus I naik menjadi 8 orang siswa dan yang tidak tuntas terdapat 12 Siswa, pada perbaikan siklus II naik menjadi 16 orang atau dan yang belum 4 orang sementara pada siklus III telah terjadi ketuntasan klasikal sebanyak 20 anak atau 100% kemudina peningkatan Nilai rata-rata. Dilihat dari nilai rata-rata, hanya mencapai 52.5 pada prasiklus. kemudian naik menjadi 60.7 di siklus 1, naik lagi menjadi 70.5 di siklus 2 dan naik lagi menjadi 78.2 pada siklus 3.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Talking Stick, Aqidah Ahklak, Meningkatkan Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:23
Last Modified: 15 Apr 2016 08:23
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item