PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL ITTIFAQIAH KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR.[TESIS]

TASWIN, FITRIANI (2016) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL ITTIFAQIAH KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR.[TESIS]. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FITRIANI TASWIN (120201093).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliah Al Ittifaqiah Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir”. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya Rencana Program Pengajaran membantu dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran yang efektif, efisien, tepat waktu dan memberi peluang untuk lebih mudah dikontrol dan dimonitor dalam pelaksanaannya. Maka evaluasi diperlukan, apakah pembelajaran sudah tercapai apa belum sesuai dengan tujuan pembelajaran, gurulah yang bertanggung jawab atas pelaksanaan evaluasi. Oleh karena itu, maka yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrifsikan dan menggali tentang Pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Untuk mendeskrifsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al Ittifaqiah. Untuk menganalisis secara detail, tentang upaya Guru dalam mengatasi hambatan pada Pelaksanaan Evaluasi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan evaluasi pendidikan, jenis data dan sumber data yaitu primer (Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak) dan sekunder yakni semua tenaga pendidik yang ada di lingkungan Madrasah Aliah Al Ittifaqiah, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis dilakukan secara interaktif dan terus menerus sampai tuntas dengan melalui model Miles dan Hubermen, yaitu data reduction / reduksi data (merangkum dan memilih hal-hal pokok), data display (penyajian data dalam pola singkat, kemudian conclusion drawing / verification data atau diverifikasi/disimpulkan. Adapun hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, Proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran aqidah akhlak sudah baik, mencakup pembuatan kisi-kisi soal evaluasi pembelajaran, menyusun alat evaluasi pembelajaran, waktu pelaksanaan, tehnik evaluasi pembelajaran, pemberian nilai evaluasi, pelaporan nilai hasil evaluasi serta program remedial. Kedua, Faktor pendukung terbagi menjadi dua: faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan jam pelajaran Aqidah Akhlak yang hanya satu jam dalam satu pekan sehingga guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran kurang maksimal, faktor guru bidang studi itu sendiri, karna guru aqidah akhlak belum maksimal menggunakan alat media dengan baik dan penggunaan IT, metode guru yang belum bervariasi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Ketiga, Upaya guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran: Meningkatkan keseriusan pada jam formal meliputi kwalitas guru, media guru, penambahan jam aqidah akhlak diluar jam formal, mengadakan les di luar jam formal supaya tidak ketinggalan materi pelajaran. Melengkapi media yang belum variatif berbasis IT, guru selalu memperbaiki metode pembelajaran yang bervariasi. Berdasarkan temuan di atas penulis merekomendasikan pada Madrasah aliah al It-tifaqiah melalui Mudir dan khususnya kepala sekolah untuk menambah jam pembelajaran PAI pada jam formal dan guru selalu mengembangkan Kompetensi Guru dalam hal metodelogi pembelajaran di kelas, pembuatan program pembelajaran sampai ke Analisis, Evaluasi serta selalu mengikuti dalam hal seminar-seminar, MGMP, IHT dan segala hal yang menyangkut dengan pengembangan Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Aqidah Akhlak, MA Al Ittifaqiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 12 Sep 2017 01:25
Last Modified: 12 Sep 2017 01:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item