PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAHAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG.[SKRIPSI]

KARTIKA, AYU TRY (2017) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAHAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
AYU TRY KARTIKA (12210038).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni rendahnya Komunikasi Interpersonal yang dimiliki wali kelas, dan rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa di SMA Negeri 12 Palembang. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal wali kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang? bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang? dan adakah pengaruh antara komunikasi interpersonal wali kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui komunikasi interpersonal wali kelas di SMA Negeri 12 Palembang. Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa di SMA Negeri 12 Palembang. Untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal wali kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang Penelitian ini merupakan data penelitian deskriptif kuantitatif, yang dimaksud deskriptif yaitu menggambarkan atau melakukan cara memperoleh data dan menganalisa data yang diteliti. Sedangkan yang dimaksud kuantitatif dalam peniliti ini yaitu peneliti akan memberikan sumbangan pemikiran seberapa besarnya pengaruh antara komunikasi Interpersonal wali kelas terhadap motivasi belajar siswa, karena kuantitatif sendiri adalah penelitian yang merupakan analisis penelitiannya dengan angka dan menggunakan perhitunggannya statistik dalam menganalisisnya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini populasinya adalah anak kelas XI tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 230, dari populasi tersebut diambil 60 siswa sebagai subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR, Persentase, menguji normalitas, homogenitas dan Product Moment (Pearson). Hasil penelitian ini adalah: pertama, Komunikasi interpersonal wali kelas di SMA Negeri 12 Palembang dikategorikan sedang karena dari 60 responden terdapat 35 responden yang menyatakan sedang sebesar 59%. Kedua, motivasi belajar siswa di SMA Negeri 12 Palembang dikategorikan sedang karena dari 60 responden terdapat 40 responden yang menyatakan sedang sebesar 67%. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Interpersonal terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Palembang. berdasarkan hasil analisis statistik bahwa “r” hitung 0,834 lebih besar dari pada “r” tabel (Product Moment) baik pada taraf signifikasi 5% (0,266) maupun pada taraf signifikasi 1% (0,345), sehingga Hipotesis Alternatif (Ha) dapat diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 07 Oct 2017 03:15
Last Modified: 07 Oct 2017 03:15
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item