PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH IV PALEMBANG.[SKRIPSI]

KADIR, ANDI (2017) PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH IV PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
andi kadir 1229004.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Masalah pendidikan tidak dipungkiri selalu berhadapan dengan masalah keterbatasan dana yang berakibat secara langsung terhadap pengembangan sekolah kegiatan manajemen keuangan sekolah juga tidak terlepas dari kendala atau hambatan yang dialami selama proses pendidikan berlangsung di sekolah baik kendala yang disebabkan oleh internal maupun eksternal sekolah. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen keuangan dalam pelaksanaan sekolah. Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan prinsip-prinsip manajemen keuangan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang”. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, bagaimana pelaksanaan prinsip-prinsip manajemen keuangan pendidikan di Madrasah Ibtidiayah Ahliyah IV Palembang, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan prinsip-prinsip manajemen keuangan pendidikan di Madrasah Ibtidiayah Ahliyah IV Palembang? Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduction (Reduksi data), Data display (penggajian data), Conclusion Drawing/Verification (kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah: pertama, pelaksanaan prinsip-prinsip manajemen keuangan pendidikan di MI Ahliyah Palembang sudah dilaksanakan dengan baik tetapi belum begitu maksimal. Proses transparansi tertuang dari kerterbukaan madrasah terhadap uang sekolah yang dilihat oleh orang-orang yang berkepentingan dengan masalah keuangan. Dilihat dari segi akuntabilitas dan pertanggungjawaban bendahara dalam penyusunan laporan kegiatan madrasah ini sudah terlaksana dengan baik. Secara efektifitas belum maksimal dikarenakan dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan di madrasah hanya menggunakan dana BOS dari kementrian agama pusat. Dilihat dari efisiensi, madrasah ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang mengurangi anggaran pembangunan dan pembelian ATK untuk menghemat uang madrasah agar bisa bertahan sampai sekarang. Kedua, faktor internal yang mempengaruhi pelaksanaan prinsip-prinsip manajemen keuangan pendidikan di madrasah yaitu jumlah siswa sedikit sehingga dana BOS yang didapat juga sedikit, selain itu bendahara madrasah bukan berasal dari jurusan Ekonomi maupun manajemen, faktor eksternalnya adalah adanya pengawasan dari Kemenag Kota Palembang dalam penggunaan anggaran agar tetap sasaran serta kunjungan lembaga swadaya masyarakat (LSM) peduli pendidikan yang melihat perkembangan pendidikan yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 07 Oct 2017 03:50
Last Modified: 07 Oct 2017 03:50
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item