PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 DI MAN PAGARALAM.[SKRIPSI]

NOVITALIA, RISKA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 DI MAN PAGARALAM.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Riska Novitalia (13210227).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul: Penerapan model Pembelajaran explicit intruction pada Mata pelajaran fikih untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas X MIA 1 di MAN Pagaralam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran selama ini bersifat baku/statis, keaktifan siswa yang berada di dalam kelas masih kurang baik dan tidak ada penyesuian serta kurangnya kerjasama antara pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran. Sehingga memungkinkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, dan karna hal itu juga mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih oleh karena itu peneliti ingin mengadakan suatu penelitian mengenai pembelajaran kolaboratif sesama guru dan peneliti dengan menerapkan model pembelajaran explicit intruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MAN Pagaralam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan model explicit intruction dan hasil belajar siswa sesudah diterapkan model explicit intruction dan apakah ada pengaruh model explicit intruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN Pagaralam. Tujuan penelitian ini mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model explicit intruction & mengetahui adakah pengaruh penerapan model explicit intruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1. Metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research), dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar siswa dengan cara memberikan soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh informasi pendukung. Metode observasi digunakan untuk mengetahui keadaan objek secara langsung. Metode dokumentasi digunakan memperoleh hal-hal yang berhubungan dengan masalah penelitian di MAN Pagaralam. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik tes “T”. Hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan adanya pengaruh penerapan model explicit intruction terhadap hasil belajar siswa, karena berdasarkan perbandingan nilai uji “t” diperoleh nilai ttabel= 9,6 adalah lebih besar dari pada “t” tabel baik pada taraf signifikansi 1%=2,72 maupun pada taraf signifikansi 5%=2,03. Dengan demikian dapat di pahami bahwa penggunaan model explicit intruction pada mata pelajaran fiqih di MAN Pagaralam mempengaruhi hasil belajar siswa, dan Ha diterima dan H0 ditolak.(2,03 < 9,6 > 2,72).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:57
Last Modified: 09 Oct 2017 01:57
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item