PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAiYAH AZ-ZAHIR PALEMBANG.[SKRIPSI]

IPON, DEPI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAiYAH AZ-ZAHIR PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DEPI IPON (10270004).pdf

Download (963kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Sripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Az-zahirPalembang. Alasan peneliti ingin membahasa masalah ini karena siswa kurang berfarsitifasi dalam mengikuti pembelajaran, dan guru dalam menggunakan model bervariasi dan haya menggunakan model pembelajaran yang konvensional, seperti ceramah, sehingga hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata peljaran ips di madrasah ibtidaiyah az-zahir Palembang?. 2. Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata peljaran ips di madrasah ibtidaiyah az-zahir Palembang?Jenis penelitian adalah Penelitian Pre Eksperimental Design dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Az-zahir Palembang yang berjumlah 21 Orang, dengan demikian yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Az-zahir Palembang yng berjumlah 21 orang responden sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sehingga alat pengumpulan data nya adalah observasi,wawancara,tes dan dokumentasi, rumusan untuk analisis data memakai tes “t” atau uji t. dalam keadaan dua sampel yang di teliti merupakan sampel kecil ( N kurang dari 30 ).Hasil dari penelitian menunjukkan dari hasil penerapan tanpa menggunakan model Menerima dan Memberi (STAD) tergolong rendah, dan dengan menggunakan model Menerima dan Memberi (STAD) tergolong sedang. Penerapan dengan menggunakan Model Menerima dan Memberi (STAD) telah berhasil dalam meningkatkan aktvitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya, terlihat secara signifikan meningkat atau lebih baik di bandingkan dengan tanpa menggunakan model Menerima dan Memberi (STAD). Hal ini terlihat berdasarkan hasil analisis data dengan membandingkan besarnya “t” yang kita perolah dalam perhitung = 17,40 dan besarnya t yang tercantum pada table “t” tt.ts.5% = 2,09 dan tt.ts. 1% = 2,84) maka dapat diketahui bahwa lebih besar dari pada tt ; yaitu 2,09<17,40>2,84.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:00
Last Modified: 10 Oct 2017 01:00
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item