PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 1 (SATU) MI BAITUL HALIM KHUSUS YATIM/YATIM PIATU PALEMBANG.[SKRIPSI]

Azizah, Nur (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 1 (SATU) MI BAITUL HALIM KHUSUS YATIM/YATIM PIATU PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NUR AZIZAH (1303090).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Untuk Materi Bangun datar Pada Siswa Kelas 1 MI Baitul Halim Khusus Yatim/Yatim Piatu Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang terdiri atas 5 (lima) Bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaaan dari penerapan metode pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar Matematika untuk materi bangun datar di kelas 1 MI Baitul Halim Khusus Yatim/Yatim Piatu Palembang dan Apakah dengan penerapan metode pembelajaran Make a Match ini dapat meningkatkan hasil belajar Matematika untuk materi bangun datar di kelas 1 MI Baitul Halim Khusus Yatim/Yatim Piatu Palembang. Adapun tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar Matematika untuk materi bangun datar di kelas 1 MI Baitul Halim Khusus Yatim/Yatim Piatu Palembang dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan dari penerapan metode pembelajaran Make a Match ini dapat meningkatkan hasil belajar Matematika untuk materi bangun datar di kelas 1 MI Baitul Halim Khusus Yatim/ Yatim Piatu Palembang. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dimana diawali dengan kegiatan prasiklus terlebih dahulu. Dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/observasi (Pengumpulan Data) dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh data bahwa pada kegiatan pembelajaran prasiklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 9 siswa (37,5%) dengan nilai rata-rata 56,6. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 16 siswa (66,7%) dengan nilai rata-rata70,8. Dan hasil penelitian pada siklus II dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar telah mencapai 24 siswa (100%) dengan nilai ratarata 9,2. Setelah melihat perkembangan mengenai hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, maka penerapan metode pembelajaran Make a match dapat memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada pelajaran Matematika untuk materi bangun datar di kelas 1 MI Baitul Halim Khusus Yatim/Yatim Piatu Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 23 Oct 2017 07:41
Last Modified: 23 Oct 2017 07:41
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item