KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI SD IT IZZUDDIN PALEMBANG.[SKRIPSI]

DARUSSALAM, DAEF (2016) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI SD IT IZZUDDIN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DAEF DARUSSALAM (11210039).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini “Konsep Pendidikan Islam Terpadu di SDIT Izzuddin Palembang”. Persoalan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu, Sejak awal kehadirannya di muka bumi ini, Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Sangat menaruh perhatian yang besar terhadap pembinaan sumber daya manusia melalui kegiatan pendidikan dalam berbagai bentuknya. Kondisi pendidikan Islam di Indonesia, sebenarnya menghadapi permasalahan yang sangat besar, jika ditilik secara mikro, pendidikan Islam menghadapi berbagai persoalan dan kesenjangan dari berbagai aspek yang kompleks, yaitu berupa persoalan dikotomi pendidikan, kurikulum, tujuan, sumber daya, serta manajemen pendidikan Islam. Upaya perbaikan internalisasi tersebut belum dilakukan secara mendasar hingga terkesan seadanya saja atau bahkan asal-asalan yang tidak memberi alternatif yang solutif. Sudah menjadi sebuah pengetahuan umum bahwa Al-Qur’an merupakan kalam Allah terahir. Artinya Al-Qur’an merupakan penutup kala-kalam sebelumnya. Hal ini membuat kitab Al-Qur’an bisa menjadi revisi dari kalam-kalam sebelum Al-Qur’an jika terdapat ketidak cocokan. Sisi lain dari pada itu, di dalam Al-Qur’an terdapat banyak ajaran yang membahas pendidikan, baik pendidikan yang lingkup sederhana seperti membaca, sampai pendidikan lingkup kompleks seperti IPTEK dan SAINS Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field research) yaitu penelitian lapangan atau sekolah secara langsung.sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum,waka kesiswaan, waka sarana perasarana dan guru pendidikan agama islam. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriftif kualitatif, yaitu menguraikan, menjelaskan seluruh permasalahan yang di bahas. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu konsep pendididikan Terpadu SDIT Izzuddin Palembang adalah Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam terpadu adalah program yang memadukan antara pendidikan kurikulum dinas dan pendidikan Al-Qur’an, antara pengembangan potensi intelektual (fikriyah), emosional (ruhiyah) dan fisik (jasadiyah), dan antara Sekolah, Orang Tua dan Masyarakat sebagai pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:11
Last Modified: 26 Oct 2017 07:11
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item