PENERAPAN PENDEKATAN SERVICE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH PALEMBANG

ARIESCHA, WERRY (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SERVICE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
WERRY ARIESCHA 12270149.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada siswa, bahwasannya siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru ketika pembelajaran berlangsung hal ini menyebabkan nilai beberapa siswa masih mendapat nilai rendah pada mata pelajaran IPS. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan pendekatan service learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al- Hikmah Palembang. Service Learning yaitu pendekatan pembelajaran yang menyajikan suatu penerapan praktis dari pengetahuan baru dan berbagai keterampilan melalui proyek/tugas terstuktur dan kegiatan lainnya. Pendekatan Service Learning diharapkan dapat meningkatkan semangat siswa dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas, Khususnya pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan pendekatan service learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan service learning pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang? Bagaimana pengaruh penerapan pendekatan service learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan pendekatan service learning pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang, Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan service learning pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang, Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan service learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang yang berjumlah 24 orang. Selanjutnya teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Non Probability Sampling yang dimana menggunakan teknik sampling jenuh. Sehingga alat penggumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi dan tes (pre-test dan post-test). Rumus untuk analisis data memakai tes “t” atau to untuk dua sampel kecil itu satu sama lain mempunyai pertalian atau hubungan (N kurang dari 30). Dengan demikian (t0=7,47) besarnya t (tt 1%= 2,81 dan tt 5%=2,07) Dapat t0 jauh lebih besar dari pada tt yaitu 2,81<7,47>2,07.Dengan demikian, maka H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh positif antara penggunan pendekatan service learning terhadap hasil belajar ditolak. Dan Ha yang menyatakan bahwa penggunan pendekatan service learning terhadap hasil belajar diterima. Ini berarti bahwa adanya perbedaan skor ataupun hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah digunakannya pendekatan service learning terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:52
Last Modified: 01 Nov 2017 02:52
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item