PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH CEMPAKA PALEMBANG.[SKRIPSI]

OKTARINA, RATI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH CEMPAKA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RATI OKTARINA (12270109).pdf

Download (778kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPA di MI Tarbiyah Islamiyah Cempaka Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena pada kenyataan dilapangan siswa masih kurang aktif dalam mengikuti aktivitas pembelajaran dan guru belum menerapkan model yang bervariatif. Adapun tujuan peneliti adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Explicit Instruction. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pre-exsperimental design bentuk one-group pre-test post-test design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah teknik random smpling, dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Cempaka Palembang adalah pertama sebelum diterapkan dapat dilihat dari persentasi hasil belajar IPA kategori tinggi 20 % (6 siswa), kategori sedang 63,3% (19 siswa), dan kategori rendah 16,7 % (5 siswa). Kedua hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Explicit Instruction dari persentase yang dapat dilihat dari tabel 4.8, siswa yang mendapat hasil tinggi 16,7% (5 siswa), sedang 73,3% (22 siswa) , dan yang rendah 10% (3 siswa). Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction, dengan adanya perubahan bearti ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran explicit instruction. Terdapat pengaruh dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Cempaka Palembang dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 9,21) dan besarnya “t” yang tercantum pada table nilai t (tt.ts. 5% = 2,04dantt.ts. 1% = 2,76) maka dapat diketahui bahwa toadalah lebih besar dari tt yaitu 2,04 <9,21> 2,76. Maka dapat disimpulkan to lebih besar dari tt jadi hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran explicit instruction terdapat pengaruh yang meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:16
Last Modified: 10 Nov 2017 01:16
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item