STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP FILIAL (STUDI PADA SISWA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I PALEMBANG).[SKRIPSI]

Ulfa, Maria (2017) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP FILIAL (STUDI PADA SISWA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I PALEMBANG).[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Maria Ulfa (13510031) baru.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Komunikasi Guru dalam Pendidikan Karakter Siswa SMP Filial (Studi Pada Siswa SMP Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang).Dilatarbelakangi oleh karakteristik siswa yang unik dan berbeda dengan siswa sekolah pada umumnya sementara di LPKA memiliki kewajiban untuk melaksanakan pendidikan sekolah Filial di dalam LPKA tersebut. Disamping itu guru-guru yang mengajar tidak bisa memperlakukan siswa sama seperti sekolah umumnya. Rumusan masalah yang dibahas dalam skrispi ini yaitu, bagaimana karakter siswa SMP Filial, bagaimana strategi komunikasi guru di LPKA Klas I Palembang dalam pendidikan karakter siswa SMP Filial, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam pendidikan karakter siswa SMP Filial. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter siswa SMP Filial, untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi guru di LPKA Klas I Palembang dalam pendidikan karakter siswa SMP Filial, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam pendidikan karakter siswa SMP Filial. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu pengamatan langsung di lapangan, wawancara terbuka dan secara mendalam dengan mengajukan pertanyaan kepada pihak terkait mengenai karakter siswa SMP Filial, serta dokumentasi untuk melihat arsip-arsip dan data penting mengenai penelitian yang penulis lakukan. Teknik analis data yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Hasil dari penelitian karakter siswa SMP Filial di LPKA Klas I sesuai dengan nilai-nilai utama dalam pendidikan karakter di SMP diantaranya: religius, jujur, tangguh, peduli, demokratis, peduli, mandiri, kreatif, berani, tanggung jawab, memiliki gaya hidup sehat, disiplin, percaya diri, memiliki keingintahuan yang besar, sadar akan hak dan kewajiban, patuh terhadap aturan, santun, dan nasionalis dalam menghargai keberagaman. Strategi komunikasi guru dalam penyampain materi tidak sama dengan sekolah pada umumnya. Setiap guru yang mengajar harus mempunyai target, ternyata guru tidak bisa menerapkan target untuk anak-anak di sekolah filial. Jadi strategi komunikasi yang sering digunakan guru ialah komunikatif guru yang komunikatif adalah guru yang mampu berbahasa sedemikian rupa sehingga pesan disampaikannya dapat diterima dengan baik.Faktor pendukung dalam pendidikan karakter siswa adalah tersedianya sarana belajar, sedangkan faktor penghambatnya siswa SMP Filial sering kehilangan catatan materi yang disampaikan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:41
Last Modified: 04 Dec 2017 01:41
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item