PENGARUH REFERENSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT AL-AQOBAH PALEMBANG

MUTIA, ELMA JULIANI (2017) PENGARUH REFERENSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT AL-AQOBAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ELMA JULIANI MUTIA NIM 13190073.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah, peran strategis dari BMT yaitu menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat secara efektif dan efisien. Nasabah pada BMT al-Aqobah Palembang merupakan mayoritas pedagang kecil yang selalu membutuhkan uang untuk menjalankan usahanya. Namun jumlah nasabah pembiayaan murabahah pada BMT al-Aqobah Palembang pada tahun 2014-2016 mengalami kenaikan dan penurunan. Dan keputusan nasabah untuk memilih pembiayaan tentunya didasarkan pada pertimbangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh referensi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT al-Aqobah Palembang. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dari penelitian ini yaitu nasabah yang memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT al-Aqobah Palembang dan sampel dalam penelitian 85 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif responden, analisis statistik deskriptif variabel, analisis uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPPS Versi 16.00 for windows menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,703 artinya 70,3%, keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT al-Aqobah Palembang dipengaruhi oleh referensi dan pelayanan sedangkan sisanya sebesar 29,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dapat dijelaskan oleh peneliti. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya referensi (X1) dan pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah (Y) pada BMT al-Aqobah Palembang. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi referensi (X1) 0,003< 0,05 artinya referensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah (Y) pada BMT al-Aqobah Palembang dan nilai signifikan pelayanan (X2) 0,006 < 0,05 artinya pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah (Y) pada BMT al-Aqobah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:23
Last Modified: 06 Dec 2017 03:23
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item