PERANAN MEDIA PETA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENEGTAHUAN SOSIAL DI MADRASA IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN.[SKRIPSI]

MUBAROK, PANJI HAQMAM (2017) PERANAN MEDIA PETA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENEGTAHUAN SOSIAL DI MADRASA IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI panji.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (757kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Media Peta dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MIN Payaraman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media peta dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi mengenal unsur-unsur peta dan membaca peta lingkungan setempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman? bagaimana hasil belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media peta pada mata pelajaran IPS materi mengenal unsur-unsur peta dan membaca peta lingkungan setempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman? Bagaimana hubungan antara penggunaan media peta dengan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi mengenal unsur-unsur peta dan membaca peta lingkungan setempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media peta pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman Untuk mengetahui penggunaan media peta pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman, dan Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan media peta pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV berjumlah 17 orang Sedangkan sampelnya berjumlah 17 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama hasil belajar siswa (pretest) sebelum menggunakan media peta memiliki rata-rata nilai yaitu sebesar 58,82 dan hasil belajar siswa (posttest) setelah menggunakan media peta memiliki rata-rata nilai yaitu sebesar 84,70. Kedua penggunaan media peta pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman dari hasil observasi guru semua indikator terlaksana dan dari hasil observasi siswa tergolong baik. Ketiga dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji ”t” di dapatkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 9,08) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (tt.ts.5% = 2,12 dan tt.ts.1% = 2,92) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt yaitu 2,12 < 9,08 > 2,92. Dengan demikian dari hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan rumus test t diatas dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan media peta dan sesudah menggunakan media peta dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrsah Ibtidaiyah Negeri Payaraman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Dec 2017 04:37
Last Modified: 18 Dec 2017 04:37
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item