KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

YULIANA, YULIANA (2017) KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
yuliana 13270147.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul Kemampuan Guru Melaksanakan Variasi Pembelajaran Tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Rumusan masalah adalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam melaksanakan variasi pembelajaran tematik kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? (2) Bagaimakah respon siswa atau aktivitas siswa kelas IV A selama mengikuti kegiatan pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? (3) Apa sajakah kendala-kendala yang dialami guru saat melaksanakan variasi pembelajaran tematik di kelas VI A MI Munawariyah Palembang? Tujuan penelitian untuk menggambarkan kondisi di lapangan tentang kemampuan guru dalam melaksanakan variasi pembelajaran tematik kelas VI MI Munawariyah Palembang. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dicari dalam penelitian ini adalah kemampuan guru dalam melasanakan variasi pembelajaran dan respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut (1) Kemampuan guru dalam meaksanakan variasi pembelajaran tematik di kelas VI A sudah baik dapat dilhat berdasarkan indikator seperti variasi suara, gaya mengajar, interaksi guru dan siswa sudah mulai terjadi dengan baik dapat dilihat dari motivasi belajar siswa serta hasil evaluasi (2) Respons siswa saat melaksanakan variasi pembelajaran siswa berantusias dan bersemangat. Siswa bukan hanya menjadi penerima tapi pemberi pendapat dapat lihat siswa belajar berdasarkan minat dan kemampuannya sendiri, interaksi antara guru dan siswa sudah mulai terjalin sehingga pembelajaran disekolah menjadi lebih hidup (3) Kendala-kendala yang dialami guru saat melaksanakan variasi pembelajaran adalah karakter siswa yang beda-beda sehingga guru kesulitan untuk mengkondisikan kelas dan banyaknya materi yang dikemas dalam tema-tema membuat guru tidak bias terlalu banyak melakukan variasi pembelajaran. Kata kunci : Kemampuan guru, variasi pembelajaran, model tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:58
Last Modified: 20 Dec 2017 07:58
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item