Meilani, NIM. 1481038 (2017) Pluralisme dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA N 2 Sekayu.[TESIS]. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MEILANI (1418038).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Karakteristik Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis pluralisme adalah bukti suatu kenyataan bahwa Islam menerima segala bentuk perbedaan yang ada ditengah masyarakat yang majemuk. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan sebuah penelitian di SMA N 2 Unggul Sekayu mengenai “Karakterisitk Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Pluralisme di SMA N 2 Unggul Sekayu“. Berawal dari adanya usaha untuk menyatukan paham bahwa pluralisme antar budaya adalah keniscayaan dalam kehidupan yang majemuk sebagai sunatullah yang musti diterima, untuk mewujudkan kerukunan dan harmonisasi atas semua perbedaan Jenis penelitan ini adalah studi kasus, dengan metodologi penelitian deskriftif kualitatif, sumber data primer adalah guru, siswa dan kepala sekolah dan dokumentasi. Data sekunder adalah segala hal yang mendukung proses penelitian sehingga bisa dijadika sumber penelitian karakterisitk dalam penelitian ini meliputi: (1) Pelaksanaan, (2) Kurikulum dan (3) Evaluasi. Basis dari pluralisme meliputi: teologis normatif, filosofi, yuridis, sosiologi dan psikologi. Dari ketiga hal tersebut untuk mewujudkan hakikat Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis pluralisme. Teknik mengumpulkan data dilakukan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pendekatan Miles Huberman dan teknik keabsahan data. Pada akhirnya pencapaian yang dapat diambil manfaat adalah kontribusi untuk berbagai dampak implikasi baik ilmu pengetahuan maupun sikap yang baik. Kata kunci: Karakteristik PAI, basis pluralisme
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 22 Dec 2017 01:43 |
Last Modified: | 22 Dec 2017 01:43 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1585 |
Actions (login required)
View Item |