IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH IV PALEMBANG.[SKRIPSI]

SULASTRI, NIM. 11290039 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH IV PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SULASTRI (11290039).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Pelaksanaan program bimbingan dan konseling merupakan program yang sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan. Sebab program ini merupakan salah satu faktor penunjang dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya program bimbingan dan konseling diharapkan dapat membantu upaya mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa khususnya pada masalah siswa. Penelitian ini berjudul Implementasi Program Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang. Rumusan masalah adalah bagaimana implementasi program bimbingan dan konseling dan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi program bimbingan dan konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang dan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang. Jenis penelitian ini adalah field research, maksudnya penelitian lapangan yang membahas tentang masalah yang berkaitan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu primer dan sekunder. Dokumentasi yaitu data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif, yakni menjelaskan secara mendalam seluruh permasalahan yang di rumuskan dalam pokok masalah secara tegas dan jelas kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang sudah dilaksanakan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh siswa dan dilakukan secara individu dan secara kelompok. Kedua, faktor yang mempengaruhi implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang, faktor pendukung, adalah: kepala sekolah, wali kelas guru mata pelajaran dan mengikuti pelatihan tentang guru bimbingan dan konseling. Faktor penghambat, adalah: dari konselor bukan dari jurusan bimbingan dan konseling, dari siswa kurang terbuka untuk mengungkapkan masalah yang dihadapinya, dari fasilitas ruangan bimbingan dan konseling sangat kecil dan susah dijangkau oleh siswa karena terletak dilantai atas. Jadi pada dasarnya implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang sudah terlaksana, tetapi masih belum maksimal karena masih banyak sekali keterbatasan baik dari guru yang bersangkutan, dari siswa dan sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Dec 2017 01:53
Last Modified: 28 Dec 2017 01:53
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item