SUCI FIRIDIANTI, NIM. 13210263 (2017) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SANTRI YANG MENETAP DI PESANTREN DAN SANTRI YANG MENETAP DI RUMAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs INAYATULLAH GASING LAUT.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SUCI FIRIDIANTI (13210263).pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Setiap lembaga pendidikan, di dalamnya pasti terdapat kegiatan proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik. keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Hasil belajar merupakan alat ukur dari kemampuan seorang siswa setelah mengalami suatu proses belajar. Tujuan pembelajaran Fiqih adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik terhadap Agama Islam dan untuk mengetahui hukum-hukum Islam untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka berkembang menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berguna bagi bangsa. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan hasil belajar siswa yang menetap di pesantren dan siswa yang menetap di rumah pada mata pelajaran Fiqih di MTs Inayatullah Gasing dan bagaimana faktor yang mempengaruhi hasil belajar santri yang menetap di pesantren dan santri yang menetap di rumah pada mata pelajaran Fiqih di MTs Inayatullah Gasing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi komparasi/perbandingan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Inayatullah Gasing yang berjumlah 213. Kemudian sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang menetap di pesantren berjumlah 30 siswa dan siswa yang menetap di rumah berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dalam penelitian ini mengenai jumlah siswa dan hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif dalam penelitian ini yaitu berkenaan dengan hasi wawancara kepada kepala sekolah. Sumber data dalam penelitian ini yaitu menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu langsung dari lapangan mengenai siswa yang menetap di pesantren dan siswa yang menetap di rumah, sedangkan sumber data sekunder mengenai bahan pustaka seperti buku-buku. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar santri mukim dan non mukim di pesantren di MTs Inayatullah Gasing dapat dikatakan ada faktor yang dominan yang mempengaruhi hasil belajar, santri yang mukim lebih teratur dalam belajar, lebih banyak alokasi waktu untuk belajar, sedangkan santri yang non mukim yaitu kurangnya alokasi waktu untuk belajar, belajar ketika ada tugas dari sekolah saja. Dari hasil analisis mean hasil belajar santri yang menetap di pesanren 82,03 dan mean santri yang menetap di rumah 76,36 dapat diketahui adanya perbedaan antara dua mean sampel yang signifikan. Hal ini berdasarkan analisis yang menyatakan bahwa to adalah lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00<3,45. Ini berarti adanya perbedaan hasil belajar Fiqih siswa yang menetap di pesantren dan siswa yang menetap di rumah. Dalam hal ini secara signifikansi siswa yang menetap di pesantren berbeda (dalam hal ini lebih baik) jika di bandingkan siswa yang menetap di rumah (non pondok pesantren).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 03:05 |
Last Modified: | 28 Dec 2017 03:05 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1598 |
Actions (login required)
View Item |