STRATEGI RADIO EL JOHN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KOTA PALEMBANG.[SKRIPSI]

Luthfiyyah Ayu Lestari, NIM: 13530038 (2017) STRATEGI RADIO EL JOHN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KOTA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LUTHFIYYAH AYU LESTARI (13530038).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Radio El John dalam Mempromosikan Pariwisata di Kota Palembang”, yang dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif yang berlangsung tiga tahap yakni Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Dalam reduksi data merupakan proses penyederhanaan data “kasar” yang didapatkan dari catatan tertulis di lapangan, berikutnya penyajian data dilakukan untuk meningkatkan pemahaman terhadap permasalahan yang diteliti, adapun selanjutnya penarikan kesimpulan atau verifikasi dilakukan untuk mencari makna dari data yang disimpulkan. Sumber data yang terdapat dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer (Radio El John sebagai objek penelitian), dan sumber data sekunder (catatan, buku-buku, literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini dan sebagainya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis yang berupaya untuk menjelaskan atau mencatat situasi dan kondisi yang terkait dengan topik tertentu. Radio El John memiliki beberapa program unggulan yang mereka siarkan, adapun El John yang menginformasikan tentang pariwisata melalui komunikator dan beberapa program acaranya. Hal itu bertujuan untuk menjadikan stasiun radio tersebut di ingat oleh para pendengarnya. Dari beberapa program acara yang disiarkan El John, peneliti mengambil lima program unggulan yang sudah dapat mewakili dari penelitian tersebut. Selain itu, El John dalam mempromosikan pariwisata di kota Palembang menggunakan saluran (media) yang dimanfaatkan oleh El John untuk menyampaikan atau menginformasikan pesannya (pariwisata) kepada pendengar melalui beragam jenis media, yakni, website, media sosial, dan juga live streaming (app store) serta Jinggel Radio. El John memiliki segmentasi pendengarnya atau kelompok usia dari 25-50 tahun. Penerima (audience) merupakan sasaran dari perencanaan program dan strategi yang telah dibuat. Adapun terdapat fakor pendukung dan penghambat radio El John dalam menjalankan strategi tersebut, faktor pendukung meliputi Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas perusahaan, juga faktor penghambat meliputi inovasi program dan pengetahuan masyarakat yang kurang terhadap El John. Kata kunci: Strategi radio El John, Pariwisata, Program Acara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:49
Last Modified: 28 Dec 2017 03:49
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item