PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH (PTI) PALEMBANG. (Skripsi)

Ludiansah, Ludiansah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH (PTI) PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ..pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Konsep dasar matematika merupakan masalah yang penting, sehingga siswa tidak hanya sekedar menghafal, melainkan mengerti apa yang terjadi dalam matematika itu. Salah satu konsep dasar matematika adalah materi Garis Singgung Persekutuan pada Dua Lingkaran. Materi ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga mempermudah siswa untuk diajak berpikir, dan tidak sekedar menghafal. Satu prinsip dalam psikologi pendidikan adalah guru tidak mudah menyampaikan pengetahuan kepada siswa, siswa harus mengkonstruksi pengetahuan dalam benaknya. Mengkonstruksi pengetahuan merupakan hal yang penting dalam pembelajaran, karena pengetahuan tidak bisa dengan sekedar dihafal, melainkan harus dikontruksi dalam pikiran siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Persatuan Tarbiyah Islamiyah Palembang. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar yang didapatkan oleh siswa setelah mereka mengikut proses pembelajaran dalam dengan Model Pembelajaran Konstruktivisme dalam kurun waktu tertentu. Hasil penelitian ini diambil dari data pos-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol, setelah di nalisis didapatkan perbedaan hasil belajar dari kedua kelas, hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis (uji-t) yang menunjukkan Harga t dikonsultasikan dengan table dengan dk = 60, thitung = 2,72 dan ttabel = 2,00. karena harga thitung > ttabel untuk taraf signifikansi 5%. Maka h0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terlihat pengaruh yang signifikan model pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII SMP PTI palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Konstruktivisme dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:54
Last Modified: 15 Apr 2016 07:54
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item