UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI KESERASIAN ANTARA GERAKAN DAN BACAAN SHALAT MELALUI MEDIA GAMBAR KELAS III SD NEGERI 4 BABAT BANYUASIN. (Skripsi)

Ristina, Ristina (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI KESERASIAN ANTARA GERAKAN DAN BACAAN SHALAT MELALUI MEDIA GAMBAR KELAS III SD NEGERI 4 BABAT BANYUASIN. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Ristina.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat. Berdasarkan analisis tes formatif siswa kelas III SD Negeri 4 Babat Banyuasin, dari 22 siswa hanya 5 anak atau 23 % yang mencapai ketuntasan, selebihnya masih dibawah KKM sekolah yaitu ≤ 75, tampak banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, maka penulis terdorong untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan PTK yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada mata pelajaran PAI dalam materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat kelas III SD Negeri 4 Babat Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Untuk mengukur keberhasilan siswa, maka diberikan tes formatif pada akhir setiap siklus, penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar dari setiap siklus dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar pun meningkat. Pada prasiklus nilai rata-ratanya 57,27 dengan ketuntasan belajar 23% atau dari 22 siswa hanya 5 anak yang mencapai ketuntasan dan 17 anak yang belum tuntas, pada siklus I nilai rata-ratanya 72,7 dengan ketuntasan 68% atau dari 22 siswa 16 anak yang mencapai ketuntasan dan 6 anak yang belum tuntas ini menunjukan peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus I, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 87,95 dengan ketuntasan 90,90% atau dari 22 siswa 20 anak yang mencapai ketuntasan dan hanya 2 anak yang belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: meningkatkan hasil belajar siswa, Tindakan Kelas (PTK), analisis tes formatif.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:53
Last Modified: 15 Apr 2016 07:53
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item