HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AL-ISLAM KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. (Skripsi)

Srimastuti, Tutik (2016) HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AL-ISLAM KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan interpersonal atau sering disebut kecerdasan sosial adalah salah satu kecerdasan yang begitu penting dalam menentukan keberhasilan seseorang. Dalam kaitannya dengan pembelajaran Al-Islam, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berinteraksi terhadap siswa lain dalam proses pembelajaran. Interaksi antar siswa harus terjalin dengan baik mengingat hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut melibatkan interaksi yang baik antara siswa dengan guru, siswa dengan karyawan sekolah serta antar siswa sendiri dalam kelompok belajar ataupun dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, adapun sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI sebanyak 72 responden berdasarkan teknik Random sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menyebarkan angket tentang pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal serta mengambil nilai dari hasil ulangan harian siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, Pertama, pembelajar berbasis kecerdasan interpersonal di SMK Muhammadiyah 1 Palembang dapat dikategorikan sedang, terbukti dari 72 siswa yang menjadi responden terdapat 35 orang siswa atau 50% menyatakan sedang, dikategorikan sedang karena pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal dalam proses pembelajaran sudah mampu membantu guru dalam menyampaikan materi dan juga memanfaatkan kecerdasan siswa untuk memahami materi dalam pembelajaran. Kedua, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palembang juga tergolong sedang hal ini dibuktikan dari hasil belajar yang diambil dari nilai ulangan harian dan didapat 50 orang atau 60% yang menyatakan sedang. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Al-Islam kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Palembang, dengan perhitungan hasil korelasi Product momentnya sebesar 0,8160 jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi t (t tabel) maka pada taraf signifikansi 5% adalah 0,235 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,306, ini berarti hipotesis penelitian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Al-Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan interpersonal, teknik Random sampling, korelasi product moment
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:48
Last Modified: 15 Apr 2016 07:48
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item