PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG.(Skripsi)

Agustini, Nurhijah (2016) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Nurhijah Agustini_ProdiPAIPasca.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran al-Qur’an dan Hadis merupakan suatu solusi yang tepat untuk menunjang pembelajaran serta memudahkan dalam pemahaman siswa. Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan TIK dalam bidang akademik, admnistratif, rekreatif, pemahaman TIK para guru MAN 3 Palembang, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran al-Qur’an dan Hadis itu sendiri serta nilai manfaat TIK bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya dengan langkah reduksi data, display data dan verifikasi berdasarkan data-data di MAN 3 Palembang. Pemanfaatan TIK pada MAN 3 Palembang dalam bidang akademik, administratif dan rekreatif semua pendidik dan tenaga kependidikan sudah menggunakan TIK namun ada beberapa hal yang masih belum menggunakannya baik secara Offline maupun Online. Pemanfaatan secara akademik yakni dari segi pembuatan perangkat pembelajaran, perencanaan pembelajaran sudah memanfaatkan TIK sedangkan yang masih belum yaitu evaluasi pembelajaran. Bidang administratif pemanfaatan TIK sudah juga digunakan seperti penerimaan siswa baru melalui online, pembuatan raport, data siswa, informasi yang terkait mengenai MAN 3 yang dapat diakses secara online, namun yang masih belum yakni perpustakaan digital, pembagian jadwal mengajar, jadwal pelajaran secara online, dan dari segi rekreatif semua pendidik dan tenaga kependidikan siswa hampir semua menggunakan TIK baik dari game edukasi maupun non edukasi, sosial media (facebook, twitter, bbm, wa, line, path, dan lain sebagainya), menonton video dari youtube, film Islami maupun non Islami, mendengarkan mp3/mp4. Pemahaman TIK para guru MAN 3 Palembang bahwa setiap guru tidak jauh berbeda dalam pemahamannya yakni TIK merupakan alat dan juga media yang dapat membantu dalam pembelajaran serta memudahkan setiap manusia dalam berbagi informasi dan berkomunikasi. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran al-Qur’an dan Hadis di MAN 3 Palembang yaitu dengan menggunakan infokus, LCD, Laptop, speaker, alat yang biasa digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas untuk menampilkan beberapa media seperti powerpoint, video online ataupun offline, slide photo dan mendengarkan ayat-ayat al-Qur’an sesuai dengan materi. Diantara ke empat guru al-Qur’an dan Hadis dilihat dari sering atau tidaknya pemanfaatan TIK dari keempat guru al-Qur’an dan Hadis tersebut, terdiri dari sering dan kadang-kadang Marwansyah 14 kali pertemuan memanfaatkan TIK dan Siti Zurriyah 11 kali pertemuan sehingga dapat disimpulkan kedua guru tersebut sering memanfaatkan dalam pembelajaran al-Qur’an dan Hadis sedangkan Nashiroh dan Sutan Firdaus Fane 8 kali pertemuan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran al-Qur’an dan Hadis sehingga dapat disimpulkan kadang-kadang dalam memanfaatkan TIK. Nilai manfaat TIK bagi siswa dalam pembelajaran al-Qur’an dan Hadis di MAN 3 Palembang yakni sangatlah penting terlihat dari siswa yang sering memanfaatkannya dalam pembelajaran di kelas kemudian dalam pembuatan makalah, presentasi, dan juga untuk browsing istilah-istilah yang sulit dipahami ataupun materi-materi yang masih kurang jelas

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan TIK, Pembelajaran al-Qur’an dan Hadist.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:42
Last Modified: 15 Apr 2016 07:42
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item