PENERAPAN POLA BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BELITANG KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR.(Skripsi)

Permatasari, Anugrah Intan (2016) PENERAPAN POLA BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BELITANG KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan bimbingan dan konseling yang dilakukan di SMA Negeri 1 Belitang hanya sekedar mengatasi siswa-siswa yang bermasalah. Semua kegiatan hanya diberikan kepada individu tertentu dan belum ada hal yang dilakukan guna bisa membangun kesadaran akan konsep diri. Konsep diri yang ingin dibentuk disini adalah konsep diri Islam. Para siswa belum memahami dan mengetahui apa saja indikator konsep diri Islam itu yang bagaimana. Mereka juga belum dituntun bagaimana menjadi seseorang yang mmpunyai konsep diri positif yang sesuai dengan tuntunan agama Islam. Jika diterapkan bimbingan kelompok berbasis Islam diharapkan siswa di SMA Negeri 1 Belitang tidak hanya memandang aktifitas yang dilakukan sehari-hari sebagai rutinitas biasa, namun lebih memahami lebih mendalam sebagai aktifitas ibadah mengabdi kepada Allah SWT. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah tentang penerapan pola bimbingan kelompok berbasis Islam dalam meningkatkan konsep diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Belitang Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Tujuan dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana konsep diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Belitang Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur yang tidak diberikan pola bimbingan kelompok berbasis Islam, bagaimana konsep diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Belitang Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur yang diberikan pola bimbingan kelompok berbasis Islam, dan adakah perbedaan peningkatan konsep diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Belitang Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur antara yang diberikan dan tidak diberikan bimbingan konseling berbasis Islam. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu penuturan pemecahan masalah berdasarkan data yang berupa angka. Dari segi metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode ini dalam pemecahan masalahmya adalah dengan cara mengungkapkan hubungan sebab akibat dua variabel atau lebih melalui percobaan yang cermat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan skala konsep diri. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji “t”. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut, dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Belitang maka bisa disimpulkan bahwasannya terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan pola bimbingan kelompok berbasis Islam dalam meningkatkan konsep diri siswa pada kelas eksperimen hal ini dapat dilihat dari thitung = 6,147> ttabel = 2,028. Dengan demikian berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: “Terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri siswa di kelas eksperimen yang diterapkan bimbingan kelompok berbasis Islam dan kelas kontrol yang tidak diterapkan bimbingan kelompok berbasis Islam” diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling, konsep diri Islam, penelitian eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:41
Last Modified: 15 Apr 2016 07:41
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item