PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I PALEMBANG.(Skripsi)

Novianti, Atik (2016) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini mengambil dua kelas dengan menggunakan teknik cluster sampling, kelas X. MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan matematika realistik Indonesia, dan kelas X. MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan menggunakan media powerpoin. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan observasi kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 9,05 dan ttabel = 1,67 dengan α = 0,05 yang berarti thitung > ttabel yaitu 9,05 > 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan hasil observasi aktivitas belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran pada materi peluang dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia dan kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:38
Last Modified: 15 Apr 2016 07:38
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item