Darwani, Ruli (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAGAN TABEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Bagan Tabel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Madrasah Ibtidaiyah ini jarang menggunakan media dalam proses belajar mengajar. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan media bagan tabel untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media bagan tabel serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media bagan tabel terhadap hasil belajar IPA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan media bagna tabel dan sesudah menggunakan media bagan tabel pada mata pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Dan Apakah penggunaan media bagan tabel mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang yaitu kelas VB yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, tes (pretest dan posttest), wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama hasil belajar siswa kelas VB MI Quraniah 8 Palembang terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum menggunakan media bagan tabel dan sesudah menggunakan media bagan tabel. Dapat dilihat dari perhitungan bahwa rata-rata (mean) hasil belajar siswa sesudah menggunakan media bagan tabel sebesar 76,2 ini meningkat jika dibandingkan dengan rata-rata (mean) hasil belajar siswa sebelum menggunakan media bagan tabel sebesar 56,8. Kedua media bagan tabel memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu didapat t hitung sebesar 25,78 dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2,06 dan ttts1% = 2,80) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,06 < 25,78> 2,80. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa penggunaan media bagan tabel memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media bagan tabel, penelitian eksperimen, pengaruh terhadap hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:37 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:37 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/193 |
Actions (login required)
View Item |