Musrifah, Umi (2016) PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL ISLAMIYAH PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV dan V.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
Sebagai calon pendidik yang professional seorang pendidik harus bisa memiliki ide-ide yang dapat meningkatkan kreativitas dirinya sendiri dan untuk siswa khususnya. Seorang pendidik harus mempunyai jiwa yang sabar dan semangat yang tinggi agar siswa menjadi manusia yang tinggi pula. Skripsi ini berjudul “Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Palembang”. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Palembang, bagaimana motivasi belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Palembang, bagaimana pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Palembang. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Korelasi Koefisiensi Kongtinguensi. Sedangkan langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah menentukan lokasi penelitian yaitu Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 orang siswa, yaitu siswa laki-laki 15 orang dan siswa perempuan 7 orang. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, menjelaskan kreativitas guru, adapun jawaban angket yang disebarkan kepada siswa yang menyatakan kreativitas guru kategori baik sebanyak 6 orang siswa dengan presentase (27,28%), dan yang menyatakan sedang sebanyak 12 orang siswa dengan presentase (54,54%), sedangkan yang menyatakan kategori rendah sebanyak 4 orang siswa dengan presentase (18,18%). Kedua, motivasi belajar siswa yang termasuk kategori tinggi sebanyak 6 orang siswa dengan presentase (27,28%), dan yang termasuk kategori sedang sebanyak 13 orang siswa dengan presentase (59,09%), sedangkan yang termasuk kategori rendah sebanyak 3 orang siswa dengan presentase (13,63%). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa dengan hasil analisis statistik Ø adalah 0,831 lebih besar dari pada “r” table baik pada taraf signifikansi 5% adalah 0,423 maupun taraf signifikansi 1% adalah 0,537. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Korelasi, Koefisiensi, Kongtinguensi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:37 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:37 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/194 |
Actions (login required)
View Item |