Wati, Trisna (2016) PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI MTs PARADIGMA PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model-model pembelajaran inovatif di Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang, serta mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan, metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Penelitian ini di lakukan di Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. Pada tahun 2014. Responden dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah dan guru yang berstatus sebagai guru tetap tentunya termasuk sebagai di di Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. Yang berjumlah 44 orang namun berdasarkan angket yang dikembalikan jadi guru yang diteliti berjumlah 36 orang. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan Studi Dokumentasi, Angket digunakan untuk mengumpulkan data utama yang berkaitan dengan penerapan model-model pembelajaran inovatif, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Wawancara digunakan untuk mengali data lebih mendalam tentang penerapan model-model pembelajaran inovatif serta pengaruhnya dari perpespektif kepla madrasah, sedangkan studi dokumentasi digunakan untuk tringulasi data hasil angket maupun wawancara. Sesuai rumusan ini melalui analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai guru Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang sudah menerapkan model-model pembelajaran inovatif namun model yang diterapkan masih terbatas, Alasan guru menerapakan model-model pembelajaran inovatif adalah karena membuat pembelajaran lebih menarik, dan menyenangkan, sehingga siswatidak menjadi muda bosan serta membuat pembelajaran menjadi lebih muda. Manfaat yang dirasakan. Adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, meningkatkan motivasi siswa terhadap proses pembelajaran. Adapun faktor-faktor internal guru seperti faktor usia, pendidikan terakhir, pengalaman mengajar status kepegawaian, status sertifikasi serta pelatihan workshop yang perna di ikuti tidak begitu mempengaruhi penerapan model pembelajaran inovatif dan juga termasuk faktor eksternal seperti kualitas sarana prasarana, serta dudukungan program juga tidak terlalu mempengaruhi penerpan model-model pembelajaran inovatif di Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. Adapun manfaat yang dirasakan betul oleh para guru adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, meningkatkan motivasi belajar siswa, mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran, dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam peoses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran inovatif, motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:36 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:36 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/195 |
Actions (login required)
View Item |