Rahayu, Fitri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST MATERI MENSYUKURI NIKMAT ALLAH DI MA AL-FATAH PALEMBANG.(Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa yang tidak di terapkan Model pembelajaran Cooperatif tipe Time Token pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Mensyukuri Nikmat Allah kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang, Bagaimana hasil belajar siswa yang di terapkan Model pembelajaran Cooperatif tipe Time Token pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Mensyukuri Nikmat Allah kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang dan Apakah ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diterapkan dan tidak diterapkan Model pembelajaran Cooperatif tipe Time Token pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Mensyukuri Nikmat Allah kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan dan tidak diterapkan Model pembelajaran Cooperatif tipe Time Token pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Mensyukuri Nikmat Allah kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah Palembang yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. dan kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif adalah data yang menunjukkan angka-angka, yakni berupa jumlah siswa dan dokumen yang berkaitan dengan soal-soal penelitian, serta perhitungan hasil belajar siswa baik itu hasil belajar sebelum penerapan dan sesudah penerapan model Time Token. Sumber data ada dua yaitu sumber data primer yang dikumpulkan langsung dari responden, yaitu siswa dengan melakukan tes di kelas XI MA.Al-Fatah Palembang dan data sekunder merupakan data yang dijadikan penunjang penelitian ini, seperti data yang diperoleh dari pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi serta literatur- literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisa data dikumpulkan, direkapitulasi kemuadian dianalisis dengan statistik, yaitu mean, standar deviasi, dan Rumus Uji “t”. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah: nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 71.33 sedangkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 83. Selisih nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sebesar 12.33. dan berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada “to” adalah lebih besar dari pada “t table”, baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1% (2,00<4,896>2,65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang tidak diterapkan dan yang diterapkan Model pembelajaran Cooperatif tipe Time Token pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Mensyukuri Nikmat Allah. Dengan demikian dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperatif tipe Time Token, Mensyukuri Nikmat Allah, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:35 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:35 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/199 |
Actions (login required)
View Item |